Kamis, 02 Agustus 2012

ECB Tidak Meyakinkan, Euro Kembali Bergerak Lesu

Jumat, 03 Agustus 2012
Pada perdagangan elektronik hari ini mata uang euro tampak mengalami pergerakan yang cenderung masih melemah terhadap dolar AS (03/08). Euro bergerak melemah pada perdagangan tadi malam setelah sempat menyentuh level tertinggi dalam nyaris satu bulan belakangan. Swing pergerakan euro ini terjadi setelah ECB dianggap gagal memenuhi janjinya untuk melakukan segala cara demi mempertahankan keutuhan euro.

Presiden ECB Mario Draghi minggu lalu telah menyatakan bahwa ECB siap melakukan segala yang dibutuhkan untuk memastikan keutuhan kawasan euro. Akan tetapi pada pidatonya yang ditunggu-tunggu tadi malam Draghi seperti menarik kembali komitmen tersebut. Draghi justru menyatakan bahwa tidak ada program drastis dari ECB sampai setidaknya bulan September.

Pagi ini euro terpantau kembali melanjutkan penurunan, meski masih terbatas. Euro terpantau berada pada posisi 1.2172 dolar, melemah dibandingkan posisi penutupan perdagangan dini hari tadi yang ada di level 1.2180 dolar. Pada perdagangan tadi malam euro sempat ambles ke level 1.2134 dolar, terendah sejak 26 Juli. Pada perdagangan yang sama euro padahal sempat naik tajam ke level 1.2404 dolar, tertinggi sejak 5 Juli.

Pergerakan euro pada perdagangan hari ini diperkirakan akan berada dalam pola melemah. Tampaknya euro akan sulit untuk menguat karena pasar bersikap sangat negatif terhadap pernyataan Draghi tersebut. Euro diperkirakan akan kembali tes posisi 1.2130 dolar.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar